Monday 19 August 2019

Khotbah : Apa yang kamu Cari ( Yohanes 6:1-71)


APA YANG KAMU CARI?
Teks: Yohanes 6:1-71

Pendahuluan:
       Selama Tuhan Yesus berada di dunia banyak mujizat yang dilakukan Yesus salah satunya adalah Yesus memberi makan 5000 orang hanya dengan 5 roti dan 2 ikan ( Yohanes 6:1-15).  Akan tetapi kita tidak tahu apa yang terjadi setelah Yesus memberi makan 5000 orang
·         Dalam ayat 16-21 diceritakan bahwa Yesus berjalan di atas air, setelah itu Yesus bersama-sama dengan murid-murid menyeberang ke Kapernaum

·                       Setelah tiba di Kapernaum, banyak orang yang datang mencari Yesus yaitu mereka yang telah makan dan menikmati mujizat 5 roti dan 2 ikan itu.
·         Yesus mengetahui motivasi mereka sehingga Yesus menegur mereka (ayat 25-26)
·         Yesus mengatakan dengan keras, seharusnya yang kalian cari bukan soal roti yang di makan seperti nenek moyang bangsa Israel yang makan roti tetapi mati juga, seharusnya mereka mencari Yesus yang adalah roti hidup, karena Yesus akan memberikan kehidupan yang kekal (ayat 48-51)
·         Setelah mendengarkan perkataan tersebut banyak diantara mereka yang bersungut-sungut dan meninggalkan Yesus, mengundurkan diri dan tidak mau lagi mengikuti Yesus.


Sekarang yang menjadi pertanyaan buat kita Apa yang Kita cari? Ada dua tipe orang Kristen yaitu yang pertama hanya Mencari berkat dan Mujizat dan yang kedua mencari Tuhan

·         Mencari Berkat dan Mujizat (ayat 26).
Banyak orang Kristen yang datang ke gereja, ke persekutuan hanya untuk mencari berkat, agar hidup sukses, agar merasakan mukjizat, ini adalah motivasi yang salah, dan keliru. Hanya mementingkan keuntungan apa yang akan saya dapat ketika saya beribadah, ketika saya memberi, ketika saya melayani. Orang-orang seperti ini hanya mau mendengarkan kotbah-kotbah yang berbau berkat, kalau ada khotbah yang menegur dan keras, tersinggung dan tidak mau mendengarkan, bersungut-sungut ( ayat 60-61)
Apa yang akan kita dapat ketika hanya mencari berkat dan Mujizat saja mereka akan kecewa dan akibat dari itu banyak orang Kristen yang akan meninggalkan iman percayanya dan tidak lagi mau mengikuti Yesus (ayat 66)

·         Mencari Tuhan
Mencari Tuhan bukan karena apa yang akan kita dapatkan Dalam hal ini: berkat-berkat jasmani, tetapi mencari Tuhan karena apa yang telah kita terima yaitu keselamatan.
Ketika kita datang ke gereja, persekutuan, melayani, semua itu kita lakukan karena kita ingin mencari Tuhan, karena kita percaya bahwa Yesus adalah Tuhan dan juruselamat kita. Yang ingin Tuhan katakan bahwa carilah sesuatu yang kekal bukan hanya sementara, dikatakan dalam ayat 35 bahwa Yesuslah Roti hidup, dan ketika kita mencari Yesus yang adalah Roti hidup maka kita akan mendapatkan sesuatu yang kekal yaitu kehidupan kekal. Bahkan bukan soal rohani saja, tapi dalam hal jasmani, ketika kita mencari Tuhan dengan sungguh-sungguh, motivasi kita benar dalam mengikuti Tuhan, maka berkat jasmani dan mukjizat selalu beserta kita. ( Matius 6:33).

Jika kita mengikuti Tuhan, kita rajin ke gereja karena hanya untuk menerima mukjizat Tuhan,  dan berkat maka kita keliru, akan tetapi jika motivasi kita benar mengikuti Tuhan karena kita ingin mencari Tuhan dan kebenarannya, maka sudah pasti berkat dan mujizat itu akan terjadi dalam kehidupan kita dan bukan hanya itu saja, lewat kehidupan kita, Tuhan akan memakai kita untuk menjadi berkat dan lewat kehidupan kita, mujizat Tuhan akan terjadi

Kita melihat 12 murid ( 1 murtad) dan mereka yang setia mengikuti Tuhan, walaupun jatuh bangun, tidak seperti orang-orang yang makan atau merasakan mukjizat 5 roti dan 2 ikan, yang pergi meninggalkan Yesus, karena kecewa, karena tidak mendapatkan yang sesuai keinginan mereka, yang hanya mau melihat mukjizat saja. 11 murid atau orang yang bertahan setia mengikuti Tuhan, bukan mereka merasakan mukjizat Tuhan, tetapi Tuhan memakai mereka untuk mengadakan mukjizat dan menjadi berkat bagi banyak orang.
(Penulis: Nusye Manuputty, S.Th)





No comments:

Post a Comment