Monday 19 February 2018

Sejarah Singkat Gereja Mormon

Hasil gambar untuk joseph smith
Pendiri Gereja Mormon
Gereja Yesus Kristus dari Orang Suci Zaman Akhir (juga dikenal sebagai Gereja Mormon), diselenggarakan di Negara Bagian New York, Amerika Serikat pada tahun 1830 oleh Joseph Smith, yang mengaku sebagai nabi Allah. Joseph Smith mengaku telah melihat seorang malaikat yang mengarahkannya ke satu set piring emas yang dikubur di sisi sebuah bukit yang tidak jauh dari rumahnya di bagian utara New York. Piring-piring emas, menurutnya, telah menulis pada mereka, yang diterjemahkannya melalui ilham ilahi ke dalam Kitab Mormon. Smith mempromosikan buku ini sebagai bagian dari kitab suci yang menyamai atau bahkan melampaui Alkitab, mengklaimnya sebagai "buku yang paling benar di bumi" dan batu kunci agama yang pada akhirnya akan dia bangun. Begitu selesai dengan terjemahannya, piring emas dikatakan telah dibawa kembali ke surga.

Gereja mencirikan dirinya sebagai pemulihan "gereja sejati" dan pada kenyataannya mengklaim sebagai satu-satunya gereja sejati, yang mendorong banyak pertengkaran dengan Amerika Serikat bagian timur yang Protestan.

Saat gereja tumbuh, ia bergerak ke barat, "pusat" -nya pindah dari New York ke Ohio, lalu ke Missouri, dan akhirnya ke Nauvoo, Illinois. Kaum Mormon pada umumnya tidak disukai oleh penduduk kota yang mereka tempati, yang menyebabkan penganiayaan dan akhirnya dikeluarkan. Joseph Smith dibunuh di dekat Carthage, Illinois, pada tahun 1844. Brigham Young, yang menggantikan Joseph Smith sebagai presiden dan nabi Gereja LDS, memindahkan sebagian besar orang Mormon ke wilayah yang belum pulih yang sekarang menjadi Negara Bagian Utah.

Saat ini ada puluhan gereja yang menelusuri sejarah mereka sampai "pemulihan" oleh Joseph Smith dan yang merangkul Kitab Mormon; banyak dari gereja-gereja ini terbentuk sebelum atau selama periode Nauvoo. Gereja Yesus Kristus dari Orang Suci Zaman Akhir adalah gerakan gerakan terbesar dan paling terkenal, dan gereja ini umumnya disebut sebagai "Gereja Mormon." Gereja-gereja lain yang berasal dari "restorasi" Joseph Smith adalah Komunitas Kristus (sebelumnya dikenal sebagai Gereja Reorganisasi Yesus Kristus dari Orang Suci Zaman Akhir), yang berbasis di Missouri. Ada juga sejumlah besar kelompok Mormon "fundamentalis", yang sebagian besar berlokasi di dan sekitar Utah. Banyak dari kelompok ini berpegang teguh pada doktrin Mormon awal, terutama, poligami.

Penjelasan Singkat tentang Kitab Suci LDS

Ada tiga komponen utama Kitab Suci LDS, di samping Alkitab King James Version, yang dianggap tunduk pada tulisan suci lainnya.

Kitab Mormon , buku yang Joseph Smith nyatakan telah diterjemahkan dari lemping emas, berisi sebuah cerita tentang migrasi orang Israel ke Dunia Baru di zaman kuno, dan populasi selanjutnya di benua ini. Ini menggambarkan kunjungan Yesus Kristus kepada keturunan migrasi itu beberapa ratus tahun kemudian. Keturunan tersebut dikatakan sebagai penduduk asli Amerika modern. (Klik di sini untuk informasi lebih lanjut tentang Kitab Mormon.)

Ajaran & Perjanjian mengandung apa yang dikatakan hilang dan "dipulihkan" doktrin dan perjanjian yang hilang atau dihapus dari Alkitab. (Gereja LDS mengajarkan bahwa Alkitab telah dikorupsi oleh penerjemah dan transkripsi ceroboh).

Pearl of Great Price , kitab suci terkecil, berisi berbagai dokumen historis, termasuk sejarah Joseph Smith dan penglihatannya. Buku ini juga berisi buku yang disengketakan berjudul "Kitab Abraham" yang dikatakan sebagai terjemahan beberapa gulungan papirus Mesir yang Joseph Smith dapatkan dari agen barang antik.


Sumber : Di sini

No comments:

Post a Comment