Thursday 6 February 2020

Menghakimi adalah Tugas Tuhan,,bukan kita...

Gambar mungkin berisi: bunga dan alam, teks yang menyatakan 'Kata Yesus: "Aku datang ke dalam dunia untuk menghakimi, supaya barangsiapa yang tidak melihat, dapat melihat, dan supaya barangsiapa yang dapat melihat, menjadi buta." Yohanes 9:39'
Nusye B Manuputty

Kata Yesus: “Aku datang ke dalam dunia untuk menghakimi, supaya barangsiapa yang tidak melihat, dapat melihat, dan supaya barangsiapa yang dapat melihat, menjadi buta.”
Yohanes 9:39
Jika kita melihat ayat ini saja tanpa melihat konteks dari ayat ini, pasti kita tidak akan mengerti apa maksud dari perkataan Yesus tersebut.
Perkataan ini sungguhlah keras, Yesus mengatakan hal ini untuk orang-orang Farisi pada saat itu, yang menganggap diri paling benar, dan tidak berdosa, sehingga mereka dengan mudah menghakimi sesama mereka, termasuk orang buta yang disembuhkan Yesus pada hari sabat. Ketika Yesus menyembuhkan orang buta tersebut, orang" Farisi tidak percaya dan mulai bertanya kepada orang buta tersebut siapakah yang menyembuhkan dia, dan orang buta tersebut menjawab Yesus yang menyembuhkan, dan mulailah terjadi perdebatan antara orang" Farisi dan orang buta yang disembuhkan itu.
Dan akhirnya orang" Farisi itu mengusir dia sambil berkata " kamu itu lahir sama sekali dalam dosa, dan hendak mengajarkan kami?"
Karena perkataan dan perlakuan orang-orang Farisi inilah.. sehingga Yesus mengatakan hal tersebut, maksud dari ayat ini adalah, Yesus ingin mengatakan bahwa hanya Yesus yang bisa menghakimi, dan Yesus datang untuk menyelamatkan yang berdosa, tetapi orang" Farisi ini menganggap bahwa mereka itu orang benar, sehingga Yesus mengatakan barangsiapa yang tidak melihat dapat melihat dan barangsiapa yang melihat menjadi buta.
Aplikasinya buat kita adalah, kita semua adalah orang berdosa, dan kita harus mengakui itu di hadapan Tuhan, bahwa kita adalah orang-orang berdosa yang telah ditebus oleh Yesus, oleh sebab itu kita tidak mempunyai hak untuk menghakimi sesama kita

No comments:

Post a Comment